Must to Know & How to Plan

Mengikuti kegiatan pameran merupakan cara yang paling efektif untuk memperoleh tambahan potensial customer yang sangat berarti. Bayangkan, tidak hanya ratusan pengunjung tetapi jutaan pengunjung dapat hadir dalam suatu kegiatan pameran. Mustahil apabila tak satu pun dari ribuan bahkan jutaan orang tersebut tidak mampir ke stan Anda bukan?

Tetapi untuk memaksimalkan jumlah potensi customer yang dapat berbisnis dengan Anda, ada baiknya untuk memilih pameran yang sesuai dengan produk, kapsitas produksi dan peluang pasarnya.

Mempersiapkan pameran: Must to Know!!

Mengingat banyaknya kompetitor di ajang pameran dagang, sudah seharusnya Anda mempersiapkan dengan baik partisipasi Anda. Carilah informasi mengenai pameran yang akan diadakan jauh hari sebelumnya. Hubungi penyelenggara pameran untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan.

  1. Ketua ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia) – Doddy Hidayat yang dikutip dari situs media: Kompas.com mengatakan “untuk wilayah DKI Jakarta,booking stan pada exhibition organizer biasanya sudah harus Anda lakukan 10-12 bulan sebelum pameran”. Untuk mensiasati persiapan dari strategi yang akan Anda lakukan nanti, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat mem-booking stan:
  • Memilih lokasi stan yang strategis.
  • Membuat desain stan yang menarik.
  • Bekerjasama dengan professional decoratoratau professional displayer atau kontraktor booth.
  • Peluang potongan harga untuk stan dengan menjadi anggota asosiasi dagang tertentu yang sesuai profile Anda.
  1. Sekitar 3-6 bulan sebelum pameran, siapkan bahan promosi dan publikasi, seperti kartu nama, katalog produk dan daftar harga, flyer, website, direct mailing, undangan, press kit, brosur,  banner, stiker, termasuk cindera mata untuk pengunjung. Jangan lupa komunikasikan juga rencana kehadiran di pameran kepada masyarakat luas khususnya pelanggan setia Anda.

Anda harus punya website, karena ini penting untuk menambah image perusahaan Anda atau membuat account di situs-situs jejaring social. Facebook & Instagram itu kan sekarang menjadi kekuatan baru didunia pemasaran”

  1. Pada tahap ini Anda juga perlu menjalin kerjasama dan komunikasi dengan kontraktor booth dan khususnya denganexhibition organizer yang cukup intense, diantaranya mengirim data perusahaan, press release, dan trade press. Pelajari juga exhibitor manual, untuk mengetahui informasi dan dokumen penting yang perlu Anda lengkapi dan ketahui. Bila exhibition organizer melakukan kegiatan publikasi dan promosi, jangan lewatkan juga untuk mengikuti aktivitas ini.

 Bagaimana Menarik Pengunjung Datang ke Stan? – How to Plan!!

Waktu yang cukup saat persiapan pameran digunakan untuk mengorganisasikan calon pengunjung.  Sekitar 2-3 bulan sebelum pameran, kirimkan press release ke media, dan undangan atau informasi untuk pelanggan dan diulangi pada minggu ke3-4 sebelum pameran.

Karena Pengunjung Pameran itu

Harus Diciptakan

difeb

About difeb

No Comments

Leave a Comment

PT. Traya Eksibisi Internasional

Tower A, 6th FL
Jl. RA Kartini Kav 8, Cilandak Barat
Jakarta Selatan 12430 – Indonesia
info@trayaindonesia.com

pinteresttwittergplusinstagraminstagram

© 2017 Traya Indonesia

-